Home / Scopus & ISI Reuters / Jurnal Internasional Abal-Abal / Hati-Hati, Berikut Daftar Jurnal Internasional Abal-Abal (BLACKLISTED)

Hati-Hati, Berikut Daftar Jurnal Internasional Abal-Abal (BLACKLISTED)

Jurnal abal-abal ini adalah jurnal-jurnal yang dipublikasi tanpa melalui proses peer-review dan seringkali harus membayar dengan bayaran super mahal. Maka, bagi anda yang sering mendapatkan email (Spam), ajakan untuk publikasi di jurnal mereka, dengan iming-iming cepat published, terindeks Scopus, dan harus membayar, maka berhati-hatilah, mereka sedang mencari mangsa. Yang sering menjadi target mereka adalah para peneliti atau dosen pemula yang ngebet ingin artikelnya dimuat pada artikel internasional dan bereputasi, bahkan para dosen senior yang ingin mengajukan kenaikan pangkat atau Guru Besar. Tujuan mereka adalah business oriented, meskipun jurnal mereka terdaftar pada berbagai lembaga pengindeks, kita juga harus berhati-hati, meskipun Scopus.

Nah, berikut adalah daftar jurnal abal-abal internasional beserta penerbitnya (publisher). Untuk penerbit, dalam satu publisher seringkali terdapat beberapa jurnal yang mereka kelola, maka jika penerbitnya saja sudah diblacklist, berarti semua jurnal di dalamnya juga termasuk dalam blackisted journal.

DAFTAR JURNAL INTERNASIONAL ABAL-ABAL

DAFTAR PENERBIT (PUBLISHER) INTERNASIONAL ABAL-ABAL

 

 

 

About Zamzami Zainuddin

Junior researcher & PhD student, The University of Hong Kong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *