Home / Scopus & ISI Reuters / Cara submit artikel ke jurnal terindeks Scopus

Cara submit artikel ke jurnal terindeks Scopus

Hallo teman-teman semua, berikut adalah tutorial cara mempublikasikan artikel pada jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus. Terlebih dahulu adalah memilih jurnal Scopus apa yang sesuai dengan topik artikel kita. Untuk mengeceknya bisa langsung ke website https://www.scimagojr.com/ dan search topik atau keywords dari artikel anda. Akan muncul daftar-daftar jurnal indeks Scopus yang sesuai dengan topik artikel kita.

Artikel yang paling atas adalah yang rangkingnya paling tinggi mulai dari Q1, Q2, Q3, sampai yang paling rendah Q4. Untuk pemula di dunia Scopus, sangat disarankan untuk tidak mensubmit artikelnya ke daftar jurnal yang paling atas (Q1) karena penerimaan dan proses reviewnya akan sangat ketat dan feedback reviewnya sangat pedas-pedas, kecuali jika anda confident.

Usahakan untuk submit artikel anda ke jurnal Scopus gratis di bawah penerbit-penerbit bereputasi dan terpercaya seperti Emerald, ScinceDirect/Elsevier, Taylor & Francis/Routledge, Springer, dan Sage, Wiley. Hati-hati dengan jurnal Scopus berbayar (business oriented) menargetkan penulis pemula yang masih amatiran dengan dunia publikasi bereputasi dan yang sedang ngebet dengan Scopus, akhirnya kena jebakan Batman. Kebanyakan adalah Scopus Q3 dan Q4 yang masuk dalam daftar jurnal yang diblacklist/predator. Habis duit banyak, akhirnya kena tipu, tidak diakui oleh DIKTI atau lembaga-lembaga lainnya di dunia.

Selamat mencoba, silahkan bagi yang ingin bertanya.

Good luck,

About Zamzami Zainuddin

Research Fellow, The University of Hong Kong (HKU), Hong Kong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *